Kamis, 17 Desember 2015

Waspada Jombang Rawan Bencana Banjir, Puting Beliung dan Tanah Longsor

KABAR BERITA JOMBANG : Puting beliung, banjir, dan longsor menjadi ancaman di musim penghujan di Jombang, Jawa Timur. Bahkan puting beliung berpotensi terjadi di hampir seluruh wilayah Jombang.

Demikian disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jombang, Nur Huda. Utamanya, puting beliung terjadi di lahan terbuka.

"Bencana angin puting beliung bisa terjadi sewaktu-waktu terutama pada saat pancaroba seperti saat ini," kata Nur Huda, Jumat (18/12).

Longsor berpotensi terjadi di dua kecamatan yaitu Wonosalam dan Bareng. Struktur tanah di dua kecamatan itu berupa perbukitan. Longsor pun mengancam sewaktu-waktu.

Sementara banjir rawan terjadi di sepanjang aliran Sungai Catak Banteng dan Guting. Sungai itu melintasi beberapa kecamatan mulai dari hulu hingga hilir, seperti Mojowarno, Mojoagung, Sumobito, dan Ploso.

"Saat hujan turun terus-menerus, maka sungai tidak mampu lagi menampung air. Sehingga air pun bisa meluap hingga ke permukiman penduduk," kata Nur Huda.

Nur Huda pun mengimbau masyarakat lebih berhati-hati karena hujan turun dengan deras dan lama di Jombang. Sehingga bencana alam pun berpotensi terjadi dan harus diwaspadai. rilis (metrotvnews)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar