Rabu, 09 Desember 2015

Langganan Banjir, Warga Mojoagung Khawatir

KABAR BERITA JOMBANG : Banjir membuat khawatir warga di Kecamatan Mojoagung, Jombang, Jawa Timur. Ditambah lagi, intensitas hujan yang tinggi mengakibatkan potensi banjir musiman jadi lebih besar. Tahun lalu akibat banjir Mojoagung mengakibatkan jalur Surabaya - Jombang macet total.
 
Khoirul Fatihin, 28, mengatakan banjir kerap menerjang pemukimannya di Dusun Kademangan, Desa Gambiran, Kecamatan Mojoagung. "Kalau hujan, saya jadi jaga-jaga. Takut-takut banjir datang," kata Khoirul, Kamis (10/12).

Senada dengan itu, Aan Firmansyah, warga Desa Kebondalem, pun khawatir. Biasanya, saat hujan turun, desanya yang paling parah terkena banjir.

"Musim hujan lalu saja banjirnya sampai ke atap rumah," kata pria berusia 32 tahun itu.

Aan dan Khoirul pun berharap pemerintah daerah serius menangani ancaman banjir. Bila hujan turun, air dari hulu Sungai Panjer dan Sungai Catak Banteng meluap. Dua kecamatan di bantaran sungai banjir.

Pada 2014, banjir memaksa 170 kepala keluarga di Kecamatan Mojoagung mengungsi. Mereka harus meninggalkan rumah masing-masing selama kurang lebih tiga hari. Aktivitas sehari-hari dan perekonomian pun jadi lumpuh.

Dari Penelusuran dilapangan Pada banjir tahun kemaren, Bantuan bagi korban banjir hanya terkonsentrasi di sekitar Akses Jalan Propinsi, padahal ada satu desa yang luput dari bantuan, yaitu Desa Karobelah utaranya Desa Mancilan. (yih)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar