Kamis, 07 Januari 2016

MEA berlaku, Siap - siap Pribumi Tergantikan Tenaga Kerja Asing


KABAR BERITA JOMBANG : Era pasar bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dimulai pada 2016. Namun setahun sebelum berlaku, yaitu 2015, perusahaan di Jombang, Jawa Timur, sudah diserbu tenaga kerja asing.

Dinas Sosial Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Jombang mencatat 84 tenaga kerja asing mencari rezeki di kabupaten tersebut. Jumlah itu bertambah tiga orang ketimbang 2014.

Para pekerja berasal dari Korea, China, Taiwan, dan beberapa negara di Eropa. Sedikitnya 14 perusahaan di Jombang yang mempekerjakan warga asing.

Kepala Dinsosnakertrans Kabupaten Jombang, Heru Wijayanto, mengatakan momen MEA belum terasa di awal Januari. Jumlah tenaga kerja asing di Jombang pun belum meningkat.

"Posisi mereka (tenaga kerja asing) di perusahaan pun strategis. Sebab warga pribumi belum memiliki kualitas menempati posisi tersebut," kata Heru di Jombang, Kamis (7/1/).

Meski demikian, Heru mengatakan menyiapkan aturan untuk mengendalikan serbuan tenaga kerja asing di Jombang. Satu di antaranya perusahaan harus menyediakan tenaga kerja pribumi untuk mendampingi tenaga kerja asing dalam rangka alih teknologi dan keahlian.rilis (metronewstv)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar